Jumat, 15 Juli 2011

Melanggar Hak Cipta, Akun YouTube Lady GaGa Dicabut
Showbiz News Fri, 15 Jul 2011 11:24:00 WIB
YouTube telah mencabut akun Lady GaGa di bawah nama ladygagaofficial. Akun tersebut, yang sejumlah video musik, Vblog dan potongan pertunjukan GaGa telah ditonton lebih dari miliaran kali, telah dihapus dengan alasan yang cukup mengejutkan. Ditengarai, akun itu telah melakukan sejumlah pelanggaran hak cipta.

Menurut gosip yang beredar, channel YouTube GaGa tersebut dihapus oleh YouTube setelah team manajemennya mem-posting potongan gambar berdurasi 10 menit dari penampilan terkini GaGa di Fuji TV. Konon, manajemen Mother Monster ini gagal untuk menyertakan credit hak cipta digital untuk klip tersebut, yang menyebabkan jaringan Jepang Media Interactive Inc., yang menjadi pemegangnya, mengajukan keluhan pelanggaran hak cipta kepada YouTube.

Potongan gambar yang menjadi sebab musabab penghapusan akun YouTube ladygagaofficial itu menampilkan GaGa melakukan medley lagu-lagu seperti Born This Way, The Edge of Glory dan You and I pada acara Jepang SMAP x SMAP. Sehari sebelum potongan gambar itu di-posting di YouTube, dengan penuh semangat ia mentwit, "My performance+cooking show appearance on SMAP SMAP is airing now in Japan. Kawaii Monsters!"

Harapannya sih pencabutan akun tersebut hanya bersifat sementara. Akan tetapi, baik pihak YouTube maupun GaGa belum berkomentar terhadap isu tersebut. Menurut kebijakan resmi YouTube terhadap siapa pun pemilik akun dalam website video-sharing itu, YouTube akan menghapus sebuah akun setelah tiga kali pelanggaran hak cipta. Tetapi setelah penggunanya memperbaiki kesalahannya, akun-akun bermasalah tersebut dapat ditampilkan kembali.

Meskipun ladygagaofficial tidak lagi dapat diakses, namun Little Monsters tidak perlu khawatir. Pasalnya, penyanyi penuh sensasi ini masih mempunyai akun YouTube yang lain. Sementara akun yang dihapus tersebut dikelola oleh manajemennya, akun yang masih bisa diakses dikelola oleh VEVO dan milik bersama antara Universal Music Group serta Sony Entertainment.

GaGa sendiri, alih-alih berkomentar tentang penghapusan akun YouTube-nya, twit terakhirnya malah berupa berita gembira tentang dirinya yang diganjar nominasi Emmy Awards.

"Just landed with incredible news to share. The Monster Ball is nominated for Five Emmy Awards! I'm crying, so proud!"

Tidak hanya itu kabar gembira yang dibagi GaGa kepada para follower-nya. "More MonsterNews! The ban on sale of BORN THIS WAY in China has been lifted! Our trip to Asia has been enlightening+promising. Stand strong!"

(put/ aceshowbiz/ foto: wenn)
Sumber: CBN

Arsip Blog