Kamis, 21 Juli 2011

umat, 22/07/2011 10:51 WIB

Drama Musikal A Clockwork Orange Segera Digelar

Oleh: Reno Nismara
Share :   
image
Poster Film A Clockwork Orange
Jakarta - Novel kontroversial nan legendaris, A Clockwork Orange, akan segera diadaptasi ke panggung drama musikal dengan lirik dan lagu yang ditulis sendiri oleh pengarang novel tersebut, Anthony Burgess.

Drama musikal yang dideskripsikan sebagai upaya mereimajinasikan cerita mengenai Alexander DeLarge dan komplotannya ini akan ditampilkan tahun depan di Manchester, dalam rangka perayaan ulang tahun ke-50 novel tersebut.

Sebelumnya, tepatnya pada tahun 1971, sutradara ternama, Stanley Kubrick, juga sempat mengadaptasi novel terbitan tahun 1962 tersebut ke layar lebar. Film tersebut ditentang oleh banyak pihak karena kekerasan yang ditampilkan, bahkan Kubrick sendiri menarik film ini dari peredaran sebelum dirilis ulang pada tahun 2000. Adaptasi Kubrick tersebut juga tercatat sebagai film pertama yang menggunakan teknologi Dolby Sound.

Berbicara kepada Manchester Evening News, direktur International Anthony Burgess Foundation, Dr. Andrew Biswell, mengatakan, “Jika dibandingkan dengan versi filmnya, musikal ini adalah versi lebih ringannya. Nomor-nomor musikalnya sangat penuh semangat dan ringan, seperti My Fair Lady.”

“Musik adalah departemen yang sangat penting pada musikal ini karena akan menetapkan warna dan suasana. Yang jelas, musikal ini dipengaruhi oleh West Side Story,” lanjut Biswell.

Ketika ditanya mengapa Burgess merasa bahwa sebuah musikal itu perlu, Biswell menjawab, “Alasan mengapa Burgess ingin membuat adaptasi panggung dari ceritanya sendiri, cukup lama setelah Kubrick membuat filmnya, adalah untuk menegaskan kepemilikannya terhadap cerita A Clockwork Orange.”

Burgess meninggal pada tahun 1993 saat berumur 76 tahun. Ia berada di posisi 17 pada daftar 50 penulis Inggris Raya terbaik sejak tahun 1945 versi The Times.

Arsip Blog